blog ini dalam masa memperbaiki diri,, silahkan kasi kritik dan sarannya demi kemajuan kita bersama ^^ trus jangan lupa di follow ya,,

Rabu, 20 Juli 2011

Musim Panas (NATSU)

Liburan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh semua anak sekolah, biisa bebas dari berbagai kegiatan, dan bisa bebas dari pusing memikirkan berbagai ulangan yang ada. Natsu (musim panas) di Jepang berlangsung dari bulan Juli sampai september. belajar di tengh udara pnas yang lembab sungguh tidak menyenangkan, jadi diadakanlah liburan musim panas ari tanggal 20 juli sampai 31 agustus.
akan tetapi jangan bayangkan natsu yasumi (liburan musim panas) di Jepang sama dengan liburan di negara kita. para murid di jepang sebelum liburan telah dibekali buku doriru (buku latihan) yang harus dikerjakan selama musim panas. selain itu ada tugas kansatsu nikki (buku harian observasi), yaitu mencatat suatu pertumbuhan tanaman. segala maacam tugas diberikan untuk mengisi liburan mereka.
selain itu , selama liburan musim panas, tidak sedikit pelajar yang menggunakan waktu luangnya yang bekerja paruh waktu untuk mengumpulkan uang dan berwisata ke luar negeri.
aa juga siswa sma dan smp yang sibk belajar untuk ujian dan banyak juga yang belajar intensif di sekolah persiapan dan kursus. di lain pihak, pegawai mengambil cuti liburan atau cuti musim panas dengan pergi liburan dan jalan-jalan.


panas dan lembabnya udara ditambah dengan tugas sekolah membuat natsu yasumi menjadi musim yang menyebalkan bagi anak sekolah. namun begitu, pada musim panas banyak acara yang diadakan di berbagai daerah, misalnya hanabi taikai (pesta kembang api). langit natsu akan dihiasi kembng api hampir tiap malam. selain itu ada juga berbagai makanan khas musim panas, seperti wata ame (gulali) ringo ame (apel yang dicelup gula, juga ada ppermainan seperti Kingyo sukui (menyelamatkan ikan mas).
berhubung panas, biasanya saat festival musim panas dibagikan uchiwa (kipas brbentuk agak bulat kayak kipas sate), uchiwa ini sekaligus berfungsi sebagai iklan karena yang membagikannya adalah perusahaan2 termasuk stasiun televisi. gambarnya beranek macam ada yang bertuliskan kanji matsuri ada yang bergambar doraemon, hello kity dll.
rumah2 dihiasi fuurin, lonceng yang biasanya terbuat dari kaca. bunyinya yang merdu ketika ditiup angin membawa kesejukan hati. pada musim panas, kita bisa melihat orang-orang memakai yukata di setiap natsu matsuri. dari tua sampai muda, laki2 maupun perempuan. warna-warninya menghiasi malam-malam natsu.
pada saat natsu, ada juga obon (ziarah ke makam keluarga). biasanya sekitar pertangahan agustus. pada acara obon diadakan obon odori, tarian yang dipersembahkan untuk arwah nenek moyang yang ditarikan bersama2. bagi orang jepang yang dikenal sebagai hataraki hachi (lebah pekerja), panas membuat semangat untuk beraktivitas turun. untuk menambah energi, maka makanan untuk mengatasinya adalah unagi (semacam belut). unagi diyakini mengandung benyak vitamin B yang memberikn daya tahan tubuh dan meningkatkan semangat kerja.

sumber: tugas S1'07 sem 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar