blog ini dalam masa memperbaiki diri,, silahkan kasi kritik dan sarannya demi kemajuan kita bersama ^^ trus jangan lupa di follow ya,,

Sabtu, 13 Agustus 2011

Obon Matsuri (Festival Arwah)



Obon Matsuri (Festival Arwah) adalah sebuah perayaan Budha yang diadakan di seluruh negeri Jepang ada tanggal 13-15 Agustus (tergantung daerah). Festival ini dipersembahkan bagi arwah para leluhur, dipercaya bahwa pada hari-hari ini arwah mereka akan pulang ke rumah. sejumlah penerangan dipasang di sekitar rumah untuk memudahkan para arwah pulang ke rumah, juga merupana sambutan kepada para arwah. selama obon, mereka memasang lentera di dalam, membersihkan altar rumah, menyediakan sesajen dan berdoa bagi ketenangan arwah para leluhur.

di beberapa daerah, Obon Matsuri dilakukan tarian masal Obon dengan iring2an musik tradisional memakai yukata (kimono sederhana di musim panas) Tujuan adalah menyambut kebahagiaan bersama para arwah yang datang. Mereka percaya arwah akan ikut menari bersama tanda suka cita. Tarian menyambut arwah oini disebut Obon Odori.

sebagai penutup perayaan, sekali lagi orang-orang akan memasang penerangan di pintu terdepan rumah sebagai pengantar arwah leluhur keluar dari rumah dan mengapungkan secara beramai-ramai sesajen di sungai atau laut untuk menemani mereka pulang ke alam sana.

festival bon tidak hanya memiliki makna yang bersifat relidius, tetapi juga mempunyai peranan penting dalam semangat hidup orang jepang, karena dengan mudik pulang kampung halaman mereka dapat menata kembali hubungan lama dengan sahabat kerabat maupun keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar