blog ini dalam masa memperbaiki diri,, silahkan kasi kritik dan sarannya demi kemajuan kita bersama ^^ trus jangan lupa di follow ya,,

Kamis, 05 Mei 2011

kodomo no hi (hari anak)

hari ini saya akan membahas hari anak di jepang sana berhubung dengan tanggal  yang sesuai untuk hr ini,, walaupun disebut dengan hari anak, tetapi perayaan ini di khususkan untuk anak laki-laki. Kodomo no hi atau hari anak di Jepang diperingati tiap hari kelima bulan lima diantara libur musim semi /golden week. 

Awalnya hari anak ini diberi nama tango no sekku yg artinya festival musiman. Menurut penanggalan Imlek, Tango no Sekku jatuh pada tanggal 5 bulan 5 ketika Asia Timur sedang musim hujan. kenapa dipilih tanggal 5 bulan 5, karena menurut penanggalan cina tanggal kelima dan bulan kelima berarti bulan penyucian dari roh-2 jahat (evil spirit). Di jepang tanggo no sekku disepakati pada tgl 5 bulan Mei pada masa pemerintahan Nara. Sampai saat ini, tango no sekku dikenal sebagai hari utk anak laki-laki, sedangkan untuk anak perempuan dirayakan pada tanggal 3 maret dengan festival boneka (hinamatsuri) dan bukan dirayakan pada hari libur.
Mulai tahun 1948, pemerintah menetapkan hari ini sbg hari libur nasional guna merayakan kebahagiaan anak dan apresiasi buat para ibu. Dan kemudian berganti menjadi kodomo no hi.
Selama perayaan Hari Anak-anak, di rumah keluarga yang memiliki anak laki-laki terdapat tradisi memajang replikayoroi (pakaian ksatria zaman dulu) dan kabuto (helmsamurai). Keluarga yang memiliki anak laki-laki juga memasang koinobori (bendera berbentuk ikan mas). Pada bendera ikan mas yang paling besar digambarkan anak laki-laki super kuat Kintarō sedang menunggang ikan emas. Kabuto, Yoroi, dan tokoh Kintarō digunakan sebagai simbol harapan anak laki-laki yang sehat dan kuat. Kue yang dimakan selama perayaan adalah kue beras khusus yang disebut dengan chimaki dan kashiwamochi.


sepertinya asyiik ya,,, hmmm,, gmn perayaan hari anak di indonesia,, udah pada tau kan,, hehehe ^^

source: wikipedia, jepang dewasa ini, the japan book

happy b'day keponakan ku adhin yang berusia 1 tahun ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar