blog ini dalam masa memperbaiki diri,, silahkan kasi kritik dan sarannya demi kemajuan kita bersama ^^ trus jangan lupa di follow ya,,

Rabu, 23 Oktober 2013

Festival Musim Gugur di Setiap Daerah Jepang pada Bulan Oktober

Festival Lentera Nihonmatsu
tanggal 4-6 oktober
di Nihonmatsu Jinja, Nihonmatsu, Fukushima
Festival ini merupakan salah satu dari tiga festival lentera terbesar di Jepang. pada festival ini, masyarakat akan memparadekan ratusan lentera kertas di tengah kota diiringi dengan tarian dan musik.
festival lentera Nihonmatsu

Festival Sawara
Tanggal 8-10 Oktober
di Sawara, Chiba
festival dimana boneka-boneka besar berukuran 4 meter yang mewakili tokoh sejarah maupun legenda Jepang diparadekan di kota
festival sawara
Festival Nagasaki Kunchi
Tanggal 7 dan 9
di Suwa-Jinja, Nagasaki-shi, Nagasaki
Festival ini ditetapkan sebagai aset budaya rakyat penting
yang tidak berbentuk benda. Karnaval yang mengagumkan ini menarik perhatian wisatawan dari seluruh Jepang. Para anggota jemaat kuil berpartisipasi dalam penampilan yang eksotis yang termasuk tarian naga bergaya Cina yang disebut Ja Odori. (Sumber: Nipponnia No. 34, 15 September 2005)
Festival Nagasaki Kunchi
Festival meriah ini bernuansa kosmopolitan yang merefleksikan sejarah Nagasaki yang berhubuungan dengan dunia internasional. Festival ini diisi dengan parade yang disertai tarian-tarian serta memiliki pengaruh yang kuat dari kebudayaan china. setiap tahunnya festival ini menarik pengunjung lebih kurang 350.000 orang. festival ini diadakan sejak tahun 1634 dan dikenal sebagai salah satu dari tiga festival musim gugur tersebar di Jepang.

Festival Naha
Tanggal 10 Oktober
Di Naha, Okinawa
Festival tarik tambang terbesar di dunia dengan diameter 1,5 meter dan beratnya lebih dari 27 ton. setelah festival ini usai, masyarakat akan berebut untuk mengambil bagian dari tambang yang digunakan dalam festival karena dipercaya bahwa tambang tersebut dapat membawa keberuntungan untuk satu tahun ke depan.
Festival Naha
Festival takayama (9-10 oktober)
Festival takayama di sebut sebut merupakan salah satu festival terbagus di jepang. Festifal ini sebenar nya di adakan dua kali dalam setahun yaitu festival takayama musim semi atau yang lebih di kenal dengan sanno matsuri,di adakan dikuil Shinto hie, dan festival takayama musim gugur atau lebih di kenal sebagai festival hachiman matsuri, di pagelarkan di kuil Shinto sakurayama hachiman.
 
Festival Nada
Tanggal 14-15 Oktober
di Himeji-shi, Hyogo
Festival ini dikatakan sebagai festival pertandingan untuk menyenangkan dewa-dewa dan semakin kasar semakin baik. pertarungan mikoshi adalah yang paling sering dilakukan. pria-pria muda dengan pakaian tradisional mengangkat mikosh dan berlomba cepat menuju ke halaman kuil matsubara. menurut kepercayaan masyarakat, orang pertama yang berhasil membunyikan lonceng di kuil akan diberkati keberuntungan.
festival nada
 
Festival Kaname
Tanggal 15 dan 17
di Kuil Ise, Ise, Propinsi Mie
Pendeta Shinto mempersembahkan beras yang baru dipanen kepada para dewa dalam sebuah upacara untuk berterima kasih atas panen yang baik. Upacara Shinto yang paling penting di kuil besar ini. Penduduk setempat juga mempersembahkan beras panen pertama di kuil ini, dan menampilkan upacara hatsu ho hiki (contoh beras pertama) untuk rasa terima kasih mereka atas karunia alam. (Sumber: Nipponnia No. 34, 15 September 2005)

Festival Nagoya 
Diadakan di Pertengahan Oktober
di Nagoya, perfektur Aichi
Festival terbesar di Nagoya yang diselenggarakan selama dua hari di berbagai bagian Nagoya yang diiringi dengan arakan mikoshi, para pria dan wanita yang berpakaian zaman dahulu kala disertai dengan musik Kagura. festival ini dimaksudkan untuk menghormati tiga pria terkuat di Jepang zaman pertengahan yaitu Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi dan Tokugawa Ieyasu. Festival ini juga diserta acara lain seperti Yabusame, Musik band, Parade bunga dan lain-lain.
Festival Nagoya
Sennin Musha Gyoretsu
Tanggal 16-17 Oktober
di Nikkoi, Tochigi
Sennin Musha Gyoretsu (Prosesi seribu prajurit) adalah pemeragaan ulang prosesi perjalanan Tokugawa Ieyasu ke Nikko pada tahun 1617 dengan menggunakan pakaian zaman dahulu
sennin musha gyouretsu
Festival Yabusame
Tanggal 19 Oktober
Koyama, Kagoshima Prefecture
Festival Yabusame (memanah sambil mengendarai kuda) umumnya diikuti oleh para pria muda. festival ini, peserta memakai kostum samurai dan mengikuti kontes memanah sambil mengendarai kuda.
Jidai Matsuri
tanggal 22 oktober
di Heian Jingu, Kyoto-shi, kyoto
Salah satu parade paling spektakular yang bisa ditemukan dalam festival musim gugur di Jepang. terdiri dari lebih kurang 1.700 partisipan yang memerankan tokoh-tokoh terkenal dari sejarah Jepang dengan durasi waktu parade selama 5 jam. prosesi ini dimulai dari istana kekaisaran pada siang hari, menuju jalan Marutachi, kemudian menuju selatan ke jalan Karasuma to Oike dan melalui jalan Gion dan Sanjo lalu tiba di kuil Heian
jidai matsuri
Hi Matsuri
Tanggal 22 Oktober
di Kurama, Kyoto-shi, Kyoto
Salah satu dari festival musim gugur yang paling unik di Jepang. Festival ini dirayakan di desa pegunungan di Kurama, sebelah utara Kyoto. partisipan membawa obor dan membuat api unggun sepanjang malam. kemudian, mereka akan mengarak mikoshi dari kuil Yuki di kurama
Hi Matsuri
Festival Tsukimi
Tanggal 23 oktober
Festival ini dikenal juga sebagai festival memandang bulan. festival ini diadakan untuk menghargai bulan purnama yang muncul pada saat musim gugur. perayaan ini sebenarnya jatuh pada tanggal 15 bulan 8 menurut kalender bulan, namun menurut kalender matahari, yaitu kalender yang kita pergunakan sekarang, hari tersebut jatuh pada tanggal 23 oktober. hari tersebut juga dikenal dengan istilah Jyugoya atau malam ke-15. festival ini merupakan adaptasi masyarakat  Jepang terhadap festival serupa di China yaitu Cap Go Me. Jika masyarakat China memiliki kue bulan untuk menemani mereka melihat bulan, maka masyarakat Jepang memiliki Tsukimi Dango. Tsukimi Dango adalah kue beras berbentuk bulat yang dipersembahkan di altar saat Tsukimi. rumah-rumah dihiasi dengan rumput susuki. festival ini biasanya berlangsung di seluruh Jepang di rumah masing-masing dengan duduk menikmati keindahan bulan sambil memakan dango dan minum sake
Tsukimi Dango


source: tugas Kemahiran Bahasa Jepang S1 stambuk 2007 kelompok Hoshigumi, image by google, wikipedia.com , google.com


1 komentar: