blog ini dalam masa memperbaiki diri,, silahkan kasi kritik dan sarannya demi kemajuan kita bersama ^^ trus jangan lupa di follow ya,,

Senin, 21 Oktober 2013

Membangun Kepercayaan Diri

Jujur aku akui, aku termasuk orang yang mempunyai kepercayaan diri yang kurang. Terkadang rasa minder dan penolakan pada diri sendiri bahkan bisa membuat aku down dan menangis sendiri di malam gelap gulita. Beberapa hari yang lalu, saat aku berkunjung (red: mengajar) murid lesku, aku melihat buku bacaan yang cukup menarik minatku, judul bukunya Percaya diri Sepanjang hari yang dikarang oleh Abu Al-Ghifari. dalam buku tersebut ada beberapa saran yang diberikan untuk membangun kepercayaan diri dan aku mulai mempraktekkannya. yah hasilnya lumayanlah walaupun belum begitu maksimal. disini aku ingin berbagi saran, aku comot langsung dari bukunya dengan sedikit meringkas isinya, ok langsung saja ya check this out!

1. Evaluasi diri secara objektif
susunlah daftar "kekayaan" pribadi, seperti prestasi yang pernah diraih, sifat-sifat positif, potensi diri baik yang sudah diwujudkan maupun yang belum, keahlian yang dimiliki, serta kesempatan ataupun sarana yang mendukung kemajuan diri. sadari semua aset-aset berharga anda dan temukan aset yang belum dikembangkan. pelajari kendala yang selama ini menghalangi perkembangan diri anda, seperti pola pikir yang keliru, niat dan motivasi yang lemah, kurangnya disiplin diri, kurangnya ketekunan dan kesabaran, tergantung pada bantuan orang lain ataupun sebab sebab eksternal lain.


2. beri penghargaan yang jujur terhadap diri
sadari dan hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang Anda miliki. ingatlah bahwa semua itu didapat melalui proses belajar, berevolusi dan bertransformasi diri sejak dahulu hingga kini. mengabaikan satu prestasi saja yang pernah diraih, berarti berarti mengabaikan satu jejak yang membantu anda menemukan jalan yang tepat menuju masa depan. ketidakmampuan menghargai diri sendiri mendorong munculnya keinginan yang tidak realistik seperti ingin cepat kaya, ingin cantik, populer, mendapat jabatan penting dengan segala cara. jika ditelaan lebih lanjut semua itu sebenarnya bersumber dari rasa rendah diri yang kronis, penolakan terhadap diri sendiri, ketidakmampuan menghargai diri sendiri, sehingga berusaha meti-matian menutupi keaslian diri.

3. positive thinking
cobalah memerangi setiap asumsi, prasangka atau persepsi negatif yang muncul dalam benak anda. anda bisa katakan pada diri sendiri bahwa nobody's perfect dan it's okay if i made mistake.  jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiran anda. hati-hatilah agar masa depan Anda tidak rusak karena keputusan keliru yang dihasilkan oleh pikiran keliru.

4. gunakan self-affirmation
untuk memerangi negative thingking, gunakan self affirmation yaitu berupa kata-kata yang membangkitkan rasa percaya diri. contohnya:
*saya pasti bisa
*saya adalah penentu dari hidup saya sendiri, tidak ada orang lain yag boleh menentukan hidup saya!
*saya bisa belajar dari kesalahan ini.
*sayalah yang memegang kendali hidup ini
*saya bangga pada diri sendiri

5. berani mengambil resiko
berdasarkan pemahaman diri yang objektif, anda bisa memprediksi resiko setiap tantangan yang dihadapi. dengan demikian, anda tidak perlu menghindari setiap resiko, melainkan lebih menggunakan strategi-strategi untuk menghindari, mencegah, ataupun mengatasi resikonya. contohnya, anda tidak perlu menyenangkan orang lain untuk menghindari resiko ditolak. jika anda ingin mengambangkan diri sendiri (bukan seperti yang diharapkan orang lain) pasti ada resiko dan tantangannya. namun lebih buruk berdiam diri dan tidak berbuat apa-apa daripada bertumbuh dengan mengambil resiko.

6. belajar mensyukuri dan menikmati rahmat Tuhan
ada pepatah yang mengatakan orang yang oaling menderita hidupnya adalah orang yang tidak bisa bersyukur kepada Tuhan atas apa yang telah diterimanya dalam hidupnya. oleh sebab itu, belajarlah bersyukur atas apapun yang Anda alami dan percayalah Tuhan pasti menginginkan yang terbaik untuk hidup anda

7. menetapkan tujuan realistik
Anda perlu mengevaluasi tujuan-tujuan yang anda tetapkan selama ini, dalam arti apakah tujuan itu realistik atau tidak. dengan menerapkan tujuan yang lebih realistik maka akan memudahkan anda dalam mencapai tujuan tersebut. dengan demikian anda akan menjadi lebih percaya diri dalam mengambil langkah, tindakan dan keputusan dalam mencapai masa depan, sambil mencegah terjadinya resiko yang tidak diinginkan

jika anda melakukan beberapa saran diatas niscaya anda akan terbebas dari krisis kepercayaan diri. namun demikian satu hal yang perlu diingat baik baik adalah jangan sampai anda mengalami over confidence atau rasa percaya diri yang berlebihan. 

source: Percaya diri Sepanjang hari oleh Abu Al-Ghifari dengan berbagai editan sedikit

1 komentar: