blog ini dalam masa memperbaiki diri,, silahkan kasi kritik dan sarannya demi kemajuan kita bersama ^^ trus jangan lupa di follow ya,,

Selasa, 01 Januari 2013

Perayaan Tahun Baru Unik di berbagai Negara ^^

Tepat pukul 00:00 tadi malam, semua umat manusia merayakan pergantian tahun baru di berbagai tempat, di beberapa negara dikatakan ada perayaan-perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun baru. kalau di tampatku sendiri sih gak ada yang namanya perayaan khusus harus ini harus itu ya. palingan cuma main petasan, kembang api sampai berjuta-juta (mungkin) harganya.
kreavi.com

  
berikut merupakan kegiatan unik pada saat perayaan tahun baru di beberapa negara:

1. Jepang
Menjelang pukul 12 malam, genta yang terdapat di berbagai kuil agama Buddha di Jepang dibunyikan. Tradisi memukul genta menjelang pergantian tahun disebut joya no kane (除夜の鐘). Genta dibunyikan sebanyak 108 kali sebagai perlambang 108 jenis nafsu jahat manusia yang harus dihalau. Selain itu festival kembang api (hanabi) selalu memeriahkan Tahun Baru di kota-kota besar. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang Jepang pada tahun baru adalah hatsumoude (初詣) atau kunjungan pertama kali ke kuil pada tahun yang baru. Ini bisa dilakukan di kuil Buddha (お寺) atau kuil Shinto (神社). 
oh iya, Tiap tahun baru juga, orang Jepang akan menikmati makanan yang terdiri dari tiga jenis makanan awetan yaitu telur ikan, sebagai simbol kemakmuran; ikan sardin asap biasa disebut tatsukuri, yang berarti tanah yang subur; dan manisan tumbuhan laut yang merupakan simbol perayaan.


2. Korea
sama seperti di jepang, di korea juga ada tradisi membunyikan genta lonceng di kuil-kuil. Orang Korea juga mempunyai sapaan akrab di setiap tahun baru "Sudahkah Anda makan Thuck-Gook?". menurut kepercayaannya orang Korea, kalo pada saat malam pergantian tahun menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi yang disebut dengan thuck gook, maka mereka nggak akan bertambah tua tahun itu.
masa sih? tua kan sudah kodrat yak, yah, yang namanya juga mitos, pasti ada-ada aja deh. 
 
3. Scotlandia
Setiap tanggal 31 Desember, di Scotlandia berlangsung festival tahunan “Festival of Hogmanay”. Semua lelaki dewasa banyak yang jadi peserta, dan mereka berparade melalui jalan-jalan utama sambil memegang suluh. Walhasil, bola-bola api memenuhi udara Scotlandia sepanjang malam tutup tahun tersebut. Festival ini merupakan tradisi turun-temurun sejak jaman bangsa Viking menguasai Skandinavia. Mereka percaya bola-bola api tersebut sebagai lambang pemurnian serta pengharapan pada kembalinya matahari menyaput musim dingin agar cepat berlalu.
 
4.  Brazil
Masyarakat Brazil mengenal sosok, Lemanja, dewa laut dalam legenda negara ini. Setiap malam tahun baru, masyarakat Brazil menyelenggarakan ritual untuk menghormati Lemanja. Nah, di tengah malam pergantian tahun, dengan mengenakan baju putih bersih, masyarakat Brazil bakal berbondong-bondong menuju pantai. Mereka menabur bunga di laut, ngubur mangga, pepaya & semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap sang dewa.
 
5. Jerman
Menurut kepercayaan orang Jerman, kalo mereka makan sisa hidangan pesta perayaan New Year's Eve di tanggal 1 Januari, mereka nggak akan mengalami kekurangan pangan selama setahun penuh. Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajiin di hari istimewa ini ialah ikan mas. Yang unik, duri ikan mas tersebut akan dibagiin ke para tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm

6. Equador Equador memiliki tradisi yang unik dalam merayakan Tahun Baru. Salah satunya adalah ’Tradisi Janda Menangis’. Seorang laki-laki yang bergaya sebagai seorang perempuan harus membuat sebanyak mungkin orang tertawa hingga menangis karena ulah konyolnya.
Sebagai imbalan, orang orang memberikan uang sekadarnya kepada perempuan jadi-jadian itu. Tradisi unik, lainnya adalah membuat orang orangan jerami tokoh tokoh yang tidak disukai. Selepas tengah malam, boneka-boneka tersebut dibakar yang melambangkan terhapusnya tahun yang lalu dan datangnya tahun yang baru.

Selain itu, orang Equador juga memiliki tradisi memakan buah anggur sambil mengucapkan harapan di tahun yang baru. Semuanya ada 12 buah anggur yang melambangkan 12 harapan, dan harus dimakan sebelum tengah malam.
 
7. Filipina
Tahun baru diharapkan membawa keberuntungan yang Iebih baik daripada sebelumnya. Masyarakat Filipina melakukan berbagai tradisi yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Salah satunya adalah dengan memakai baju polkadot pada saat merayakan Tahun Baru. Tradisi lain yang tidak kalah uniknya adalah membawa panci berisi koin berkeliling ke seluruh ruangan dalam rumah, sambil mengguncang guncangkannya. Hal tersebut dipercaya membawa keberuntungan di tahun berikutnya.
Selain itu, orang Filipina juga menyiapkan buah bundar yang dipercaya akan mendatangkan keberuntungan. Buah tersebut dihidangkan bersama makanan lezat khas lainnya pada jamuan makan yang disebut media noche. Momen tahunan ini biasanya dirayakan bersama keluarga dan teman teman dekat.

8. Yunani
Yunani memiliki kepercayaan tersendiri dalam menyambut Tabun Baru. Delima merupakan simbol kesuburan dan kesuksesan. Jadi tanggal 1 Januari orang Yumani memiliki tradisi menebarkan biji buah delima ka arah pintu rumah, toko dan perkantoran dengan harapan rezeki yang melimpah dan kehidupan yang berhasil sepanjang tahun yang baru.

9. Italia
Berhati hatilah jika berjalan jalan di Naples, sebuah kota kecil di Italia, pada pukul 00.00 tanggal 31 December. Pada saat itu, ada tradisi melempar barang barang yang tidak terpakai lagi melalui jendela. Tradisi perayaan tahun Baru memiliki makna melupakan hal hal buruk yang terjadi masa lalu dan bersiap-siap memasuki tahun yang baru. Jadi, jangan heran jika pagi harinya kita melihat begitu banyak paralatan masak, kulkas, dan barang-barang rongsokan lainnya tersebar di jalan-jalan kota.

10. Meksiko
Meksiko juga memiliki tradisi yang tidak kalah unik. Jika Anda beresolusi untuk memiliki pasangan baru, kenakan pakaian dalam berwarna merah pada saat perayaan Tahun Baru. Namun jika Anda ingin memiliki rezeki yang berlimpah ruah, pakaian dalam berwarna kuning merupakan pilihan yang tepat. Kegiatan menyapu sampah ke luar rumah dan menggantungkan boneka domba dari benang wol di pegangan pintu juga merupakan tradisi perayaan Tahun Baru yang dilakukan oleh orang orang Meksiko. Bagi Anda yang berangan angan melakukan perjalanan di tahun yang baru, Anda harus membawa bawa koper ke luar rumah. Tradisi tersebut dipercaya akan mengabulkan keinginan jalah jalan Anda.

 
Nah kira-kira seperti itulah perayaan tahun baru yang unik di beberapa negara. Menarik, kan?? Hmmm mudah-mudah kapan-kapan kita bisa turut merasakan perayaan tahun baru di luar negeri suatu saat nanti ya! Namun, patut diingat, perayaan tahun baru bagaimana pun meriahnya harus tetap direnungi dan berharap agar tahun depannya jadi lebih baik, dan manfaatkanlah waktu yang telah diberikan tuhan kepada kita. kok jd serius ya, hehe, ^^
 
 
~HAPPY NEW YEAR 2013~  ^^
sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar