blog ini dalam masa memperbaiki diri,, silahkan kasi kritik dan sarannya demi kemajuan kita bersama ^^ trus jangan lupa di follow ya,,

Rabu, 26 Desember 2012

Conspiration on Books

Buku yang baru saya baca adalah bukunya Dan Brown-Da Vinci Code, basi kali ya kalo saya mereview atau bahkan mendeskripsikan cerita dalam buku yang udah best seller ini bahkan buku yang sudah difilmkan pula. Dalam novel ini, saya lebih tertarik dengan teori konspirasi yang disinggung oleh Dan Brown, dan entah kenapa, saya menjadi semakin suka membaca hal-hal yang berbau konspirasi. Bahkan, saya mencari beberapa kejadian yang ternyata dikatakan kejadian tersebut hanyalah konspirasi.

Teori Konspirasi atau yang disebut juga dengan teori persekongkolan, adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa, politik, sosial dan sejarah) adalah suatu rahasia dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh. (wikipedia). 

Bahkan, menurut penganut teori ini, beberapa peristiwa besar dalam sejarah telah dimanipulasi sedemikian rupa oleh konspirator, kelompok atau organisasi yang berkuasa. Seperti peristiwa 11 September yang katanya sudah dirancang sebagaimana yang terlihat pada lipatan uang kertas 20 dolar AS; di mana apabila kita melipat uang itu sedemikian rupa akan tercipta gambar menara kembar yang terbakar.

Teori konspirasi yang terdapat dalam novel Da Vinci Code adalah persoalan ketuhanan Yesus. Saya tidak akan memaparkan kisahnya, karena ini menyinggung tetang keagamaan Kristiani yang saya sendiri juga baru tau setelah membaca novel ini dan mensearching beberapa kunci kata seperti Opus Dei, Priory of Sion, Templar, dsb. Seperti kata Langdon yaitu kurang lebih seperti ini: Sejarah dibuat oleh penguasa saat itu. Bisa saja mereka memang merubah isi sejarah untuk kepentingan kekuasaan mereka, toh sejarah itu hanya tertulis dalam buku yang mudah untuk diubah-ubah. Gaya penceritaan yang logis dengan tutur bahasa yang enak dan megalir indah membuat saya berfikir, mungkinkah beberapa teori yang diungkapkan dalam buku ini benar?

Ada satu komik yang mengangkat tentang teori konspirasi, judulnya 20th century boys resensinya dapat dibaca disini, komik fiksi karya Urasawa Naoki ini membuat saya tercengang dengan dahsyatnya sang konspirator 'sahabat dan para pengikutnya' yang akhirnya dapat mengendalikan dunia. Komik ini menurut saya seperti menyinggung negara Amerika yang tak lepas dengan yang namanya konspirasi, bahkan kejadian Apolo 11 yang mendarat di bulan disebutkan hanyalah sebuah konspirasi. Ada beberapa kejadian yang menurut panganutnya merupakan teori konspirasi. Klik disini untuk artikel lebih jelasnya.

Novel Tere Liye yang berjudul Negeri Para Bedebah (resensinya klik disini) juga merupakan novel fiksi yang menyinggung teori konspirasi, meskipun hanya sedikit. Membuat saya lagi-lagi teringat dengan seringnya pemerintah melakukan kebohongan-kebohongan publik yang sedikit tolol!

Semakin banyak aku melahap novel-novel dan komik yang mengandung isi teori konspirasi, saya semakin lapar, mungkin aku juga akan mencoba menonton film G30SPKI lagi atau mencari fakta tentang surat keputusan sebelas maret, yang katanya juga sebuah Teori Konspirasi. 

Bacaan-bacaan Dan Brown lainnya sedang menanti, mungkin ada lagi teori konspirasi yang logis ada kebenaran diatas sebuah cerita fiksi yang mungkin saja terinspirasi dari kisah nyata? bukankah Cerita/Fiksi bisa merupakan gambaran tentang kehidupan nyata?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar